Barcelona Bayar Liverpool Karena Coutinho Juara Liga Champions, Benarkah?

Barcelona Bayar Liverpool Karena Coutinho Juara Liga Champions, Benarkah?

Gilabola.com – Belakangan banyak dipercaya oleh berbagai kalangan dan bahkan dirilis di berbagai media dalam negeri bahwa Barcelona diharuskan membayar lima juta euro, sekitar 87 miliar rupiah, kepada Liverpool usai Bayern Munchen menjuarai Liga Champions.

Diklaim bahwa pembayaran itu terkait pada klausul penjualan Philippe Coutinho yang menyebutkan bahwa The Reds akan mendapatkan bayaran ekstra dari Barcelona jika playmaker Brasil itu berhasil menjuarai kompetisi terelit Eropa. Benarkah demikian? Bagaimana faktanya?

Soal ini sudah pernah dibahas oleh The Times sejak beberapa hari lalu dan Liverpool Echo sekali lagi mengulang laporan yang sama soal klausul gelandang 28 tahun itu usai raksasa Bavaria memastikan gelar juara Liga Champions berkat kemenangan 1-0 atas Paris Saint-Germain.

Menurut laporan The Times, Barçelona tidak perlu membayar biaya ekstra untuk Liverpool setelah Philippe Coutinho menjadi juara Eropa karena adanya klausul spesifik terkait Barcelona memenangkan kompetisi, bukan hanya si pemain Brasil menang piala kuping besar.

Sementara laporan dari Liverpool Echo menyebutkan bahwa pembayaran sisa bonus lima juta euro, sekitar 87 milyar rupiah, hanya akan dibayarkan pihak La Liga jika playmaker Brasil mencapai jumlah penampilan tertentu bersama Blaugrana.

Rincian Bonus-bonus Barca ke Liverpool

Sebelumnya diketahui bahwa Liverpool menjual Philippe Coutinho ke Barcelona pada Januari 2018 lalu senilai dua trilyun rupiah sebagai biaya awal dengan tambahan bonus yang mencapai 695 milyar rupiah.

Perincian bonus itu cukup rumit. Pihak Merseyside akan dibayar 5 juta euro (87 milyar) untuk setiap 15 penampilan bersama Barca, yang berarti The Reds sejauh ini telah mengumpulkan 435 milyar rupiah untuk 75 pertandingan yang sudah dimainkan Coutinho di Camp Nou.

Untuk setiap kali Barcelona lolos ke perempat final Liga Champions, Liverpool akan diberi bayaran lain sebesar 87 milyar rupiah, yang berarti mereka telah menghasilkan sekitar 174 milyar selama dua musim terakhir.

Baca:  Liverpool Menang di Chelsea, Sadio Mane Pecahkan Rekor Ronaldo

Nah jumlah akhir dari bonus tersebut senilai 87 milyar terakhir baru akan dibayarkan jika playmaker berusia 28 tahun itu mencapai 90 pertandingan untuk Blaugrana, jumlah penampilan yang belum terpenuhi karena dia dipinjamkan ke juara Jerman musim ini.

Ini berarti bahwa Liverpool tidak akan menerima bonus 87 milyar rupiah dari Barcelona setelah Philippe Coutinho memenangkan Liga Champions bersama Bayern Munchen musim 2019/2020 ini. Jadi, sekarang sudah jelas ya.

Sumber: Barcelona Bayar Liverpool Karena Coutinho Juara Liga Champions, Benarkah?
Berita Bola
Video Berita Bola
Video Cerita Bola